XPS-Nakivo-BR-Logo

Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan

Dalam artikel ini saya mendapatkan Free Software NAKIVO Backup And Replication karena terpilih mendapatkan predikat / penghargaan VMWare vExpert 2014. Tapi ternyata link khusus ini bisa diakses oleh siapa saja…

Konsep kerja NAKIVO Backup And Replication ini berfungsi sebagai Director yang mengendalikan proses Backup ( dari Host vSphere ke Local Disk Repository ) maupun proces Replikasi ( dari Host vSphere pertama ke Host vSphere kedua ). Perhatikan gambar dibawah ini dengan seksama :

 

Nakivo-026

Berikut ini adalah contoh desain & implementasi Nakivo Backup & Replication 4″ :

1-XPS-DRC-Server-with-Nakivo-BR-Design-27-Mei-2014

1. Siapkan Material Installer-nya, download dari :

http://nakivo.com/nfr_download.htm

Nakivo-BR-4-for-Windows-000

2. Setelah kita download, selanjutnya kita install. Installer disediakan untuk Platform Windows, Linux maupun Virtual Appliance. Dalam artikel ini kita akan melakukan installasi pada Platform Windows. Untuk OS-nya dapat mengunakan Windows 7, Windows Server 2003, Windows Server 2008, Windows Server 2012, dll.

Saat muncul tampilan End User Agreement dibawah ini, klik Accept.

Nakivo-BR-4-for-Windows-001

3. Tentukan jenis installasi ( Director & Transporter ataukah Transporter Only ). Lalu tentukan folder Repository, misalnya : D:\NAKIVO-REPO

Nakivo-BR-4-for-Windows-002

4. Tunggu hingga proses installasi selesai.

Nakivo-BR-4-for-Windows-003

5. Selanjutnya klik Finish.

Nakivo-BR-4-for-Windows-004

6. Selanjutnya jalankan aplikasi Nakivo BR.

Nakivo-BR-4-for-Windows-005

7. Selanjutnya kita lakukan Login. Pada Nakivo BR yang baru pertama kali di running dan belum ada password maka kita harus membuat password seperti gambar dibawah ini .

Nakivo-BR-4-for-Windows-006

8. Masukkan Username dan Password, lalu kita klik Next.

Nakivo-BR-4-for-Windows-007

9. Lalu kita akan melakukan First Time Configuration…

Nakivo-BR-4-for-Windows-008

10. Pada opsi Inventory, masukkan Username dan Password dari HOST vSphere kita.

Nakivo-BR-4-for-Windows-009

11. Selanjutnya System akan menemukan Host dan VM yang ada di dalannya.

Nakivo-BR-4-for-Windows-010

12. Selanjutnya pada Opsi Transporter, kita bisa koneksikan beberapa Transporter dengan Nakivo Director ini serta ada fitur untuk integrasi dengan Amazon Cloud. Klik Next untuk melanjutkan proses.

Nakivo-BR-4-for-Windows-011

13. Selanjutnya akan ditampilkan Local Repositories, kita bisa gunakan Local Disk ataupun NAS / SAN. Klik Next untuk melanjutkan proses.

Nakivo-BR-4-for-Windows-012

14. Selanjutnya akan tampil menu utama Nakivo Backup & Replication. Untuk membuat Job Backup maupun Job Replication, kita tinggal masuk ke menu Create.

Nakivo-BR-4-for-Windows-013

15. Ok, sekarang kita masuk ke menu Configuration. Ada beberapa pengaturan yang perlu kita setting. Diantaranya adalah User Account Admin, Email setting, Automatic Report dan Branding, dll.

Nakivo-BR-4-for-Windows-014

16. Pada menu Cloud Integration, dengan fitur kita bisa integrasikan untuk melakukan interkoneksi dengan Amazon Cloud.

Nakivo-BR-4-for-Windows-015

17. Selanjutnya pada menu License, kita bisa menampilkan Status License. Secara default, License Enterprise NFR ini ( Not For Resale ) adalah  License full fitur maksimal 2 Socket Processor. Hanya diijinkan untuk Testing / Trial / Lab saja, bukan untuk Production Server.

Nakivo-BR-4-for-Windows-016

18. NAKIVO Backup And Replication versi 4 ini disediakan fitur baru yang belum ada pada versi 3 yaitu untuk menganti Branding Logo dan kontak Entry Support.

Nakivo-BR-4-for-Windows-018

19. Ok, Untuk installasi dan konfigurasi cukup disini dulu artikelnya. Kita akan lanjutkan pada artikel berikutnya mengenai Pembuatan Job Backup dan Restore serta mengenai Pembuatan Job Replikasi

Nakivo-BR-4-for-Windows-019

 

Comments
  1. panjizie says:

    ada perbedaan tidak antara backup menggunakan NAKIVO dengan backup produk symantec. soalnya dari develovnya sudah langsung menggunakan symantec.

  2. Pak Nathan,.. permisi tanya,.. koq bisa tuk UNLIMITED License socket ??? apakah ini ada versi crack nya ? makasih pak

Leave a comment