Step by Step Installasi dan Konfigurasi SAP GUI / SAP Logon / SAP Client for Windows


SAP-XPS-Logo

Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan

Berikut ini saya sharing “Step by Step Installasi SAP GUI / SAP LOGON / SAP CLIENT”. SAP GUI / SAP LOGON / SAP CLIENT adalah salah satu media untuk mengakses SAP Server, selain kita bisa akses melalui WebBrowser. Tutorial ini mengunakan Installer SAP GUI / SAP LOGON / SAP CLIENT for Windows versi 7.20.

Deploy SAP GUI using Remote Application on Windows Server 2012

 

Step by Step Installasi SAP GUI / SAP LOGON / SAP CLIENT for Windows adalah sebagai berikut :

1. Siapkan installer SAP GUI / SAP LOGON / SAP CLIENT for Windows versi 7.20. Lalu jalankan SETUPALL.EXE.

Install-SAP-GUI-720-001

2. Klik Next untuk memulai proses Installasi.

Install-SAP-GUI-720-002

3. Pilih paket Installer yang diinginkan seperti gambar dibawah ini.

Install-SAP-GUI-720-003

4. Tunggu proses Installasi hingga selesai.

Install-SAP-GUI-720-004

5. Klik DONE sebagai tanda installasi telah sukses kita lakukan.

Install-SAP-GUI-720-005

6. Selanjutnya kita lakukan konfigurasi untuk akses ke suatu SAP Server kita. Klik menu NEW CONNECTION.

Install-SAP-Logon-720-001

7. Lalu kita klik NEXT untuk melanjutkan proses konfigurasi.

Install-SAP-Logon-720-002

8. Pilih Custom Application Server, lalu setting :

  • Description : XPS SAP XPP ( nama ini bebas kita berikan ).
  • Application Server : 192.168.222.50 ( isikan IP Address SAP Server kita ).
  • Instance Number : 10 ( isikan kode unik dari SAP Server kita ).
  • System ID : XPP ( isikan kode unik dari SAP Server kita ).

Install-SAP-Logon-720-003

9. Setelah selesai setting seperti gabar diatas, selanjutnya kita klik NEXT. Lalu pada setting dibawah ini kita pilih NETWORK SETUP dengan HIGH SPEED CONNECTION ( LAN ). Kemudian kita klik NEXT.

Install-SAP-Logon-720-004

10. Selanjutnya akan muncul pilihan seperti gambar dibawah ini untuk setting bahasa dan encoding-nya, lalu kita klik FINISH.

Install-SAP-Logon-720-005

11. Setelah kita klik FINISH, maka akan muncul hasil konfigurasi tadi seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Install-SAP-Logon-720-006

12. Lakukan Double klik untuk memulai mengakses SAP Server dari konfigurasi tadi. Masukkan Username dan Password yang kita kita miliki.

Install-SAP-Logon-720-007

13. Setelah Authentikasi Username dan Password benar, maka akan muncul tampilan SAP GUI / SAP LOGON / SAP CLIENT kita. Okey, semoga artikel ini bermanfaat bagi semua… Salam…

Install-SAP-Logon-720-009

Advertisements

23 Comments

Add yours →

  1. SAP oh SAP .. kapan mampirnya ke otak saya nih.. Jampi2nya belum juga di sediakan :((

  2. om admin, IP Address SAP Server nya ga bisa asal ya .. berarti harus punya server donk 😦

  3. —————————
    SAP GUI for Windows 730
    —————————
    partner ‘192.168.222.50:sapdp10’ not reached

    WSAEWOULDBLOCK: Resource temporarily unavailable

    Do you want to see the detailed error description?

    —————————
    OK Cancel
    —————————

    kenapa ya padahal udh sama, seperti di contoh 😦

  4. pak nathan download SAP installernya dimana ya ? link downloadnya donk please

  5. gman cara pengaturnnya mas jika kita ngentri data menggunakan modem? tlng penjlasannya trmksh…..

  6. pak nathan, saya bekerja disebuah perusahaan yang sudah menggunakan sistem SAP. jika saya mengakses sap dari rumah bisa tidak pak? jika bisa bagaimana caranya…

  7. Saya mustar, pak? bagaimana caranya untuk menyamakan SAP di kantor? Apakah harus pakai IP address yang sama? dan apakah koneksi harus LAN juga ya pak?

  8. Saya mustar, pak? bagaimana caranya untuk menyamakan SAP di kantor? Apakah harus pakai IP address yang sama? dan apakah koneksi harus LAN juga ya?

  9. aku udah nunggu downloadnya smpe slsai, terus wktu udah selesai mal;ah error. jd musti gmn ?

  10. pak nathan, saya sudah punya user id dan password sap yang kebetulan di pabrik system menggunakan sap, bagaimana langkah supaya saya bisa login sap menggunakan komputer dirumah? langkah apa yang harus saya lakukan… atau mungkin ada tutorialnya ya pak biar kerjaan kantor bisa saya kerjakan dirumah…

  11. Selamet Siang Pak, untuk SAP apakah bisa kita gunakan tanpa terhubung ke jaringan atau offline? untuk sekedar latihan saja

  12. mas sekalian dong ajarin cara bikin server nya

  13. Mas nanya dong, aq ada ides ECC6 EHP7, singkat kata aq rename SID dan berhasil. tapi waktu mau hidupin SAP MMC nya ga bisa sambung, kira kira kurang apa ya?

    Terima kasih dan salam kenal

  14. hallo pak nathan,

    mao tanya spesifikasi laptop untuk install sap gui itu cukup tidak speerti dibawah ini :

    processeor intel i5 2,27ghz
    ram 3GB
    HDD 500gb
    windows 7 ultimate 32bit

    btw setelah saya instal sap gui dan mesti instal SAP server pakai VM Work Station di laptop pak ?

  15. apakah sudah bisa membuka SAP via smarthphone berbasis android misalnya?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: