Step by step membuat Owncloud Server dengan Windows Server 2008 R2


xps-owncloud-logo

Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan

Setelah pada artikel sebelumnya tentang OwnCloud Server di Linux Ubuntu, maka kali ini saya membuat tutorial OwnCloud Server di Windows Server 2008 R2. Dan OwnCloud Server ini sangat bermanfaat bagi kita untuk menyimpan data di Cloud File Server semacam DropBox namun kita ingin memiliki Cloud File Server yang lebih Private dan lebih Secure. Semoga sedikit tulisan ini dapat bermanfaat…

https://thinkxfree.wordpress.com/2013/03/18/step-by-step-membuat-owncloud-server-dengan-ubuntu-server/

Langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk membangun OwnCloud Server di Windows Server 2008 R2 sebagai berikut :

1. Download Installer OwnCloud di :

http://owncloud.org/install

2. Lalu extract file ZIP tersebut.

Install-OwnCloud-on-Windows-Server-2008-R2-002

3. Lakukan installasi XAMPP atau webserver yang lain. Pada tutorial ini kita gunakan XAMPP yang dapat kita download di :

http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html

Install-OwnCloud-on-Windows-Server-2008-R2-003

4. Jalankan XAMPP, khususnya Apache dan MySQL.

Install-OwnCloud-on-Windows-Server-2008-R2-004

5. Selanjutnya kita copykan satu folder hasil extract Installer OwnCloud ke Folder :

C:\xampp\htdocs

Install-OwnCloud-on-Windows-Server-2008-R2-005

6. Selanjutnya buka WebBrowser kita : localhost\owncloud

Install-OwnCloud-on-Windows-Server-2008-R2-006

7. Atau kita buka WebBrowser kita : ip-server\owncloud  dan kita buat sebuah User dengan Privilleges Admin.

Install-OwnCloud-on-Windows-Server-2008-R2-007

8. Tarrraaa… berikut ini tampilan Owncloud pertama kali.

Install-OwnCloud-on-Windows-Server-2008-R2-008

9. Pada tampilan Owncloud pertama kali ini, kita buat sebuah User dengan Privilleges Admin.

Install-OwnCloud-on-Windows-Server-2008-R2-009

10. Selanjutnya kita sudah dapat membuka tampilan akses OwnCloud kita.

Install-OwnCloud-on-Windows-Server-2008-R2-010

11. Selanjutnya kita buka menu user untuk melakukan administering OwnCloud lebih lanjut.

Install-OwnCloud-on-Windows-Server-2008-R2-011

12. Berikut ini tampilan untuk pengaturan konfigurasi OwnCloud.

Install-OwnCloud-on-Windows-Server-2008-R2-012

13. Selanjutnya kita dapat membuat User baru dan Group baru sesuai keinginan kita.

Install-OwnCloud-on-Windows-Server-2008-R2-013

Install-OwnCloud-on-Windows-Server-2008-R2-014

Install-OwnCloud-on-Windows-Server-2008-R2-015

14. Kita juga dapat mengatur limit storage per-user.

Install-OwnCloud-on-Windows-Server-2008-R2-016

Okey… sekian dulu tutorialnya, nanti akan dilanjutkan dengan installasi OwnCloud Client sama seperti DropBox Acces Client dan selamat mencoba…

Advertisements

16 Comments

Add yours →

  1. kalo “Mysql” saya lepas dari XAMPP. saya memakai ini (Mysql yang aplikasi tersendiri di link “http://dev.mysql.com/downloads/installer/”) bagaimana pak ?. untuk Apachenya, bapak recomen memakai apa pak?

  2. untuk di servernya udah beres, tinggal saya nunggu OwnCloud Clientnya… tx

  3. gimana ya pak caranya mengatasi ????
    “Fatal error: Call to undefined function OC\stream_resolve_include_path() in C:\xampp\htdocs\own\lib\autoloader.php on line 131″

  4. sy menggunakan win server 2008 R2

    • sebetulnya gak jadi masalah mau pake win server berapa juga…
      hanya saja yg jadi pertanyaan pak, kenapa susah sekali ya kalo kita nginstall nya di IIS 7 dan DB SQL server ?

  5. Pak, gimana step konversi database sqlite ke mysql ya? Mohon pencerahan. Thanks

  6. xampp nya mau menjalankan apache nya tidak bisa

  7. kenapa error Fatal error: Uncaught Error: Class ‘OCP\AutoloadNotAllowedException’ not found in C:\xampp\htdocs\owncloud\lib\autoloader.php:138 Stack trace: #0 C:\xampp\htdocs\owncloud\lib\autoloader.php(158): OC\Autoloader->isValidPath(‘C:\\xampp\\htdocs…’) #1 [internal function]: OC\Autoloader->load(‘OCP\\AutoloadNot…’) #2 C:\xampp\htdocs\owncloud\lib\autoloader.php(138): spl_autoload_call(‘OCP\\AutoloadNot…’) #3 C:\xampp\htdocs\owncloud\lib\autoloader.php(158): OC\Autoloader->isValidPath(‘C:\\xampp\\htdocs…’) #4 [internal function]: OC\Autoloader->load(‘OC_Config’) #5 C:\xampp\htdocs\owncloud\lib\base.php(133): spl_autoload_call(‘OC_Config’) #6 C:\xampp\htdocs\owncloud\lib\base.php(497): OC::initPaths() #7 C:\xampp\htdocs\owncloud\lib\base.php(1081): OC::init() #8 C:\xampp\htdocs\owncloud\index.php(37): require_once(‘C:\\xampp\\htdocs…’) #9 {main} thrown in C:\xampp\htdocs\owncloud\lib\autoloader.php on line 138

  8. cara unutk nambahin kapasitas buat cient nya gmn yah pak…

  9. Mas minta rekomendasi tugas akhir jaringan komputer dong ,

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: