Step by Step Installasi ACTIVE DIRECTORY Windows Server 2003 (Bagian 5) – Konfigurasi Replikasi Domain Controller Windows Server


Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan

Berikut ini adalah Step by Step cara melakukan konfigurasi Domain Replication Active Directory Server, dimana kita telah memiliki Domain Server misalnya dengan nama THINKXFREE.COM yang di handle oleh sebuah Domain Controller Server dengan nama NODE1 ( berfungsi sebagai Primary Doman Controller Server alias PDC ). Selanjutnya kita telah memiliki sebuah server lain dengan nama NODE2 yang akan kita promosikan menjadi Domain Controller Server kedua alias BackUp Controller Server ( BDC ) atau istilahnya disini kita akan membangun Replication Domain Controller Server.

Apa sich fungsinya dari Replication Domain Controller Server itu ?

Jika kita memiliki sebuah Server saja yang berfungsi sebagai Domain Controller Server, maka apabila Domain Server tersebut mengalami problem yang tidak dapat lagi di lakukan recovery… Maka habislah sudah Domain System kita tersebut bagaikan Ayam yang di tinggal mati oleh induknya.

Namun jika kita memiliki Server Replication Domain Controller alias BDC maka hal tersebut tidak jadi soal karena Backup Domain Controller Server akan mengambil alih fungsi menjadi Primary Doman Controller Server alias PDC.

Sebelum melakukan atau mencoba artikel ini, sebaiknya anda lebih membaca artikel sebelumnya. Yaitu Installasi dan Manajemen Active Directory Windows Server 2003 :

https://thinkxfree.wordpress.com/2010/12/02/step-by-step-installasi-active-directory-windows-server-2003-bag-1
 
https://thinkxfree.wordpress.com/2010/12/04/step-by-step-installasi-active-directory-windows-server-2003-bag-2
 
https://thinkxfree.wordpress.com/2011/01/09/step-by-step-installasi-active-directory-windows-server-2003-bag-3-konfigurasi-gpo
 
https://thinkxfree.wordpress.com/2011/01/09/step-by-step-installasi-active-directory-windows-server-2003-bag-4-konfigurasi-user-domain

Langkah – langkah yang harus kita lakukan untum membangun Replication Domain Controller Server adalah :

1. Kita siapkan dan pastikan lebih dulu fungsional dari Primary Doman Controller Server / PDC kita dengan OS Windows 2003 Server R2 SP2. Contohnya pada gambar di bawah ini Domain Controller dengan nama thinkxfree.com di handle oleh Server NODE1.

2. Kita siapkan juga server dengan NODE2 yang telah kita install OS Windows 2003 Server R2 SP2 yang masih dalam kondisi belum JOIN DOMAIN alias cukup sebagai member Workgroup saja. Selain itu, pastikan setting IP Address sudah benar alias 1 network dengan Server NODE2.

3. Selanjutnya dari Server NODE2, kita berikan perintah DCPROMO dari menu RUN.

4. Klik OK saat muncul tampilan Active Directory Installation Wizard seperti gambar dibawah ini…

5. Klik NEXT saat muncul OS Compatibility seperti dibawah ini :

6. Selanjutnya pada Domain Controller Type, kita pilih Opsi “Additional domain controller for an existing domain”.

7. Pada tahap ini kita masukkan Domain Admin thinkxfree.com yang telah kita buat sebelumnya… Lalu klik Next…

8. Selanjutnya kita tentukan nama Domain yang kita buat, bisa dengan pilihan Browse

Lalu Klik Next

9. Selanjutnya menentukan folder alokasi untuk Database Active Directory Service. Klik Next

10. Selanjutnya menentukan folder alokasi untuk SYSVOL alias Domain Public Folder. Lalu Klik Next

11. Selanjutnya menentukan Password untuk Restore Mode Directory Service. Sebaiknya masukkan Password Domain Admin lalu Klik Next

12. Selanjutnya akan ditampilkan nama Folder-folder yang telah kita tentukan tadi. lalu klik NEXT

13. Selanjutnya kita klik Next untuk memulai proses Active Directory Replication creation…

14. Selanjutnya klik FINISH

15. Proses selanjutnya kita lakukan RESTART Server NODE2 ini…

16. Setelah proses RESTART selesai dan Server sudah UP kembali, selanjutnya kita lihat proses LOGIN sudah ada penampilan baru dengan adanya Opsi pilihan Login Domain THINKXFREE.COM… Masukkan Username + Password lalu klik OK untuk LOGIN

17. Selanjutnya kita lihat di Computer Properties maupun di menu Domain Controller pada Active Directory Users and Computers

Oke… Tutorial ini sudah sangat jelas, semoga bermanfaat……….

Salam……..

Nathan Gusti Ryan

Advertisements

18 Comments

Add yours →

  1. mas nathan, saya mau tanya
    saya sudah melakukan replikasi domain control seperti tutorial di atas, kalau saya mau menjadikan Replikasi tadi menjadi PDC bagaimana caranya mas..?

  2. @alee24 – Emang PDC atau NODE1-nya mau di apain mas? Kalo mau mengunakan atau mau tahu fungsionalnya, ya tinggal shutdown NODE1-nya aja. Trus lakukan proses seperti membuat USER baru pada “Active Directory Users and Computers” di NODE2.

    Trus… setelah itu jika server NODE1 di hidupkan lagi maka Server NODE1 dan Server NODE2 akan melakukan sinkronisasi…

    Tapi jika anda ingin Server NODE1 di lepas dari fungsi Domain Controller Server, maka anda harus lakukan “Remove dcpromo” pada Server NODE1.

    Jika Server NODE1 anda mengalami kerusakan, lalu anda ingin Server NODE2 menjadi PDC, maka anda harus melakukan sedikit TUNING pada Server NODE2 agar menjadi PDC. Anda harus lakukan proses “SEIZING” untuk men-transfer ROLE dari Server NODE1 ke Server NODE2….

    So…? Apa problem yang anda hadapi atau simulasi yang anda inginkan???

  3. Terima kasih mas atas jawabannya…
    problem yang saya hadapi, yang terakhir tuh mas, Server NODE1 mengalami kerusakan, kemudian NODE 2 mau saya jadikan PDC, NODE1 mau saya perbaiki dulu, kemudian direplikasi (jadi tukeran deh)
    Sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak mas atas jawabannya

  4. mas ijin bookmark dlu,,
    kalo boleh minta ada referensi yang versi e-book atau buku untuk Step by Step Installasi ACTIVE DIRECTORY Windows Server 2003, dari awal saya ingin belajar?
    terimakasih

  5. mas saya mau nanya. saya sudah lakukan hal seperti di atas, namun saat pdc saya down trs saya coba buka server BDCnya saat buka active directorynya gak bisa yah mas?, muncul pesan “naming information cennot be located because : the specified domain either does not eksis or could not be contacted”. kenapa gitu yah mas? apakah ada step yg harus saya lakukan dulu?

  6. Pak Nathan, saya juga ada masalah yang sama dengan Pak Alee24. Saya baru buat server dc replikasi karena PDC saya sudah mau rusak. Apakah ada tutorialnya untuk membuat BDC menjadi PDC?

    Berarti kalau konsep PDC dan BDC ini hanya untuk duplikasi data domain dan active directory ya Pak? Kalau untuk membuat server DC fail over bagaimana ya Pak? Jadi ketika server 1 mati, otomatis di-take over sama server 2 tanpa harus ada konfigurasi2 tambahan lagi.

    Terima kasih atas bantuannya Pak..

    • @Rusdi Tj – Sebetulnya istilah “PDC – BDC” itu ada di Windows NT Server. Sedangkan pada Windows 2000 Server ketas bukan lagi istilah “PDC – BDC”, namun semua server yang sudah di promosikan menjadi AD maka kesemua server ini levelnya sama yaitu menjadi “MEMBER DC”.

      Untuk Active Directory PDC – BDC atau MEMBER DC ini pada Windows 2000 / 2003 / 2008 / 2012 secara fungsional sudah saling mengantikan. Artinya jika sudah ada PDC – BDC atau MEMBER DC seperti di tutorial ini lalu suatu saat PDC mengalami DOWN maka proses yang berkaitan Active Directory akan secara otomatis dihandle oleh BDC. Lalu jika setelah PDC sudah UP maka konten yang sudah update di BDC akan otomatis di update juga ke PDC.

      Jadi intinya… jika kita punya 2 atau 4 bahkan lebih Server yang di setting sebagai MEMBER DC maka Konten AD-nya akan otomatis sinkronous.

  7. Saat ini DC yang saya pakai adalah Windows 2003 Standard. Saya baru buat replikasinya, dan memang data2 active directory pun sudah sukses sinkronisasi (seperti gambar pada tutorial). Tapi ketika DC1 saya shutdown/restart, AD di DC2 tidak bisa diakses sama sekali dan kebetulan belum test apakah user tetap bisa akses semua yg difasilitasi DC tersebut.

    Kalau memang replikasi ini akan bertindak seperti failover, apakah bedanya dengan konsep clustering? sayangnya versi windows 2003 std tidak support clustering, jadi saya tidak bisa implementasi clustering ini, kebetulan juga tidak punya SAN.

    Jika PDC saya Windows 2003 Std, apakah bisa dibuatkan replikasi BCD dengan versi Windows yang lebih tinggi dari PDC?

    Mohon pencerahannya Pak, karena DC1 mau saya format ulang dengan HDD SAS yang baru (HDD SAS lama sudah mau rusak)

    • @Rusdi Tj – Saran saya, jangan dihancurkan dulu DC1-nya. Ingat, ada prosedur yang harus dilakukan. Sebetulnya anda juga bisa meng-convert-nya menjadi Virtual Machine ( P2V Converter ). Kalau ingin BDC ( DC2) mengambil alih fungsi menjadi PDC ( DC1 ), itu ada prosedure Transfer Role dari PDC ke BDC. Bahkan kita bisa juga mengganti PDC dgn OS W2K3 dengan BDC dgn OS W2k8.

      NOTE : Replikasi AD DC itu berbeda konsep & beda mekanisme dengan Clustering. Jadi jangan dicampur aduk istilah ini.

  8. Pak Nathan, saat ini saya punya server DC1 dengan OS Windows Server 2003 STD R2 32Bit. Untuk BDCnya saya beri nama DC2. Saya punya rencana mau bikin DC3. Pertanyaan saya, 1. apakah nantinya jika DC3 dimatikan/dilepas dari jaringan mempengaruhi kinerja server DC1? yang ke 2. Untuk server DC3 menjadi PDC untuk caranya seperti apa? Mohon bantuannya. Terimakasih

  9. Pak nathan,
    bisa di share bagaimana caranya transfer role master dari dc1 ke dc2, jika dc2 saya mau jadikan sebagai primay domain controller?

  10. Dear Bapak Nathan,

    bagaimana Bapak tutorial transfer role master dari dc1 ke dc2, jika dc2 saya mau jadikan sebagai primay domain controller? sudah jadi? kami tunggu.. terima kasih ilmunya sangat bermanfaat.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: