Setting Printer USB dgn Print Server DLINK DP300U


Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan

Jika kita punya Printer USB dan di Sharing untuk semua Client yang lain, dan jika OS dari PC yang memberikan sharing printer  ini adalah Windows XP maka penguna yang lain hanya akan terkoneksi secara dedicated hingga 10 PC Client yang lain ( kecuali di PACTH file TCP-IP nya, ini melanggar EULA Windows XP loh ). Tentunya hal ini akan merepotkan kita, belum lagi kalo PC ini mengalami problem, kena virus, restart, dan lain lain maka penguna yang lain akan terganggu.

So… kalo ada yang mudah, kenapa mencari yang susah??? Kita bisa mengunakan Print Server, bentuknya mirip modem ADSL atau mirip Switch 8 Port. Salah satu contohnya adalah Merk DLINK type DP200U. Bentuknya seperti dibawah ini :

Teknis pemasangannya juga tidak susah, seperti gambar dibawah ini.

Kita melakukan manage Print Server ini melalui Web Browser seperti gambar dibawah ini :

Saya tidak terlalu banyak memberikan deskripsi langkah – langkah yang kita lakukan, cukup ikuti step by step seperti pada capture gambar dibawah ini. Sangat jelas sekali… “Gambar itu mewakili sejuta kata…”. Jika ada hal yang kurang jelas, anda bisa berikan pertanyaan pada komentar dibawah…

Advertisements

6 Comments

Add yours →

  1. wah…cocok iki rek…tengkyu mas

  2. Mas..mau tanya..
    apakah ada ketentuan – ketentuan tertentu dalam penggunaan ‘Print Server DLINK DP300U’ tersebut..salah satu misalnya pembatasan pemakaian biar gak bottleneck..??
    terimakasih..

    • # yogi… Saya pake Print Server ini untuk Client puluhan Client gak ada masalah atau pembatasan apapun tuh, termasuk saya kombinasikan dengan Printer Sharing ataupun dengan Domain Server bahkan saya implementasikan dengan Cluster Server ( Printer Cluster Service ) lancar-lancar aja alias Mak Nyus gitu loh

  3. Mas, kenapa di bagian akhir Add Printernya disharing, apa ntar komputer lain tinggal add printer network dari komputer yang baru saja add printer di switch hubnya ? Atau tiap komputer harus disetting satu satu ?
    Oh ya mas saya coba pake patch file TCP-IP tidak bisa ya ? Bagaimana sebenarnya cara crack file TCP-IP yang benar ? Thanks

    • # Purnomo… Printer tersebut di setting mandiri, jadi masing-masing PC di setting sendiri-sendiri. Kalo mau di Sharing-pun juga bisa… ( Topic Lain : Patch TCP-IP khan tinggal ganti file TCP-IC.Sys ke folder Windows System kita… ).

  4. selamat pagi,,,,
    saya mau tanya, di kantor saya terpasang D-Link prnt server 1 port dan 3 port printer.
    nah yang 1 port,sorenya di matiin paginya tetep bisa jalan. Tetapi,untuk yang print server 3 port waktu sorenya dimatiin paginya udah ga bisa conect ke 3 printer tsb. Tanpa pengecualian semua client yang terhubung ke printer tsb. Jadi setiap paginya saya harus ADD ulang dari 1/1 komputer client di kantor saya.
    Mohon solusinya agar tidak terjadi masalah tsb. terimakasihh

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: